1/16/2005
re-Vision grunting, part II

I've come to the conclusion that I'm not developing my revision because I'm rushing. Gotta make writing my revision as relaxing as writing a blog entry...

Kenapa Firefox? Kenapa bukan OpenOffice?
Tidak seharusnya perangkat lunak bebas/Open Source adalah semata mengenai harga. Argumen bahwa terdapat keuntungan ekonomis dalam hal beralih dari MS Office ke OpenOffice.org adalah valid dan riil. Dan bahwa keuntungan tersebut secara ekonomis lebih valid dan riil dibanding dengan keuntungan ekonomis yang didapat dengan beralih dari MSIE ke Firefox juga adalah nyata.

Namun perangkat lunak bebas/Open Source tidaklah semata mengenai kebebasan ekonomis. Ia juga adalah mengenai kebebasan sosio-kultural.

Perjuangan mengalihkan perhatian dari MS Office ke OpenOffice.org adalah sebuah perjuangan yang signifikan, patut, dan penting. Usaha-usaha yang telah dilakukan memang memiliki dampak riil perhatian terhadap OpenOffice.org sebagai alternatif MS Office. Namun gaungnya terasa terhenti, karena masyarakat tetap saja tidak terlalu bersemangat (eager) untuk beralih bila ia tidak menjadi trend. Jawaban akan trendiness ini dapat dijawab oleh Firefox

Firefox sebagai perangkat lunak nge-trend
Satu hal yang harus diakui bahwa World Wide Web sebagai sebuah media adalah sangat unik karena ia memungkinkan interaktivitas pada tingkat yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan, baik dari sudut pandang volume peserta, kecepatan peralihan, dan kebebasan berekspresi. Kebebasan tersebut telah memunculkan keberadaan World Wide Web sebagai sebuah media pelarian kultural bagi mereka yang merasa tidak dapat mengekspresikan kepribadian dan pendapatnya melalui channel-channel konvensional.

Itulah sebab munculnya malesbanget.com. Itulah sebabnya popularitas Friendster. Itulah yang memunculkan ratusan blog-blog lokal, dengan sebagian besar dari mereka memiliki tagboard.

Firefox berpotensi menjadi sebuah trend karena ia sebagai web browser memiliki kaitan yang sangat erat dengan cyber culture dan berbagai hal yang menyebabkan ratusan anak muda membuang-buang waktu berjam-jam online tiap hari (bila tidak sedang bermain Gunbound atau Ragnarog, tentunya).

Gerakan FOSS di Indonesia
KPLI menjadi sistem taksi; keanggotaan bayar, pendaftaran untuk layanan bantuan, house calls, reward-system untuk hacker lokal. Semua lewat email, web-site, SMS server, RSS.

Bisa diperkenalkan kepada khalayak pada workshop sebagai pelatih. LinuxIndo bekerjasama dengan KPLI dan berbagai user-group yang telah ada di tingkat lokal/institusi dan memulai inisiatif untuk pembentukan jaringan support Free and Open Source Software.

Pendaftaran sebagai klien support lebih murah dari keanggotaan standar KPLI. Anggota penuh KPLI mendapat diskon layanan support, namun juga harus mengkontribusikan kode. Layanan support dikoordinasikan LinuxIndo melalui platform Email-Web-SMS.

LinuxIndo menghubungi KPLI dan berbagai LUG untuk kerjasama (dan dibayar) dalam workshop yang dilaksanakan.

Workshop
- Tidak semata skill building; juga TREND BUILDING
- Memanfaatkan kenyataan bahwa masyarakat menyukai trend teknologi, terutama bila dipersepsikan sebagai 'keren' secara mainstream.
- Itulah alasan utama Firefox dipilih sebagai produk yang dipasarkan.

Let's see if I can develop these some more...


Posted at 10:18:11 pm by ferdikom98

 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry

I don't write intellectually. I write expressively. I don't claim to be accurate, fair or thorough. I don't wanna get stuck on certain topics. Though I sometimes do. But not that often. I'd like to expand. I wanna write more poems. But I'll only upload them if they're good. I only rant about my life's hardships if it will rescue just a little bit of my sanity. I'm saner than I make myself out to be, though.

If I am an OS kernel, and I just had a kernel dump, I'd imagine that the text in this blog is what it would more or less look like.

There. Do you get it?

   

<< January 2005 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01
02 03 04 05 06 07 08
09 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31

From my Google Reader

more at my links section
sidesection last edited 08/02/2005

blog creds


If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed